3 Cara Gampang Kompres Foto Di Laptop Windows

 jumlah file yang kita simpan di dalam laptop akan terus bertambah dan menciptakan penyimpanan 3 Cara Praktis Kompres Foto di Laptop Windows[Ilustrasi Pixabay]

Gadgetren � Semakin lama, jumlah file yang kita simpan di dalam laptop akan terus bertambah dan menciptakan penyimpanan semakin sesak. Untuk itu, kita kadang perlu mengompres file supaya sanggup menghematnya.

Sepanjang pengalaman saya, salah satu file yang sanggup memenuhi ruang penyimpanan di laptop yaitu file-file berupa gambar atau foto. Tidak sanggup dipungkiri, dengan teknologi kamera yang dimiliki smartphone kita akan lebih sering mengabadikan setiap momen yang kita lewati.

Lalu pada ketika ruang penyimpanan penuh, alternatif yang sanggup dipakai yaitu memindahkannya ke dalam laptop, yang mana biasanya memperlihatkan kapasitas lebih besar di bandingkan kapasitas penyimpanan di smartphone.

Namun tidak sanggup dipungkiri, meskipun mempunyai kapasitas yang besar, tentu saja akan habis juga. Oleh sebab itu, kita kadang perlu mengompres atau mengurangi ukuran foto supaya sanggup mengatakan ruang lebih di dalam laptop.

Dalam hal ini, terdapat banyak cara yang sanggup dipakai untuk mengompres ukuran foto di dalam laptop. Secara umum kita sanggup memakai aplikasi editor foto, santunan aplikasi khusus, maupun santunan web.

Cara Kompres Foto di Laptop Menggunakan Editor Foto

Hampir semua aplikasi editor foto di Laptop biasanya mendukung fitur kompres. Salah satunya, kita sanggup memakai Microsoft Photos yang menjadi salah satu aplikasi default yang tertanam di Windows 10.

Cara mengompresnya, buka File Explorer kemudian cari foto yang akan dikompres. Selanjutnya, klik kanan pada foto tersebut kemudian pilih� Open with > Foto. Klik Menu lainnya di pojok kanan atas (ikon tiga titik), kemudian pilih Ubah ukuran.

 jumlah file yang kita simpan di dalam laptop akan terus bertambah dan menciptakan penyimpanan 3 Cara Praktis Kompres Foto di Laptop Windows

Selanjutnya, Microsoft akan mengatakan beberapa alternatif ukuran yang akan sanggup dipilih oleh pengguna, dari mulai S sampai L. Atau pengguna juga sanggup menciptakan ukuran khusus dengan menentukan opsi K.

Jika sudah, cari lokasi penyimpanan untuk foto hasil kompres, kemudian beri nama sesuai yang diinginkan dan tekan tombol Save. Khusus untuk yang mau eksklusif mengganti foto lama, pengguna sanggup mengarahkan ke lokasi penyimpanan yang sama tanpa mengubah nama file-nya.

Cara Kompres Foto di Laptop Menggunakan Aplikasi Khusus

Selain memakai aplikasi editor foto, kita juga sanggup memakai aplikasi khusus untuk mengompres foto. Salah satunya, kita sanggup memakai aplikasi khusus berjulukan PNGGauntlet yang sanggup diunduh melalui situs resminya.

 jumlah file yang kita simpan di dalam laptop akan terus bertambah dan menciptakan penyimpanan 3 Cara Praktis Kompres Foto di Laptop Windows

Aplikasi khusus kompres gambar ini memperlihatkan pengurangan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya. Aplikasi ini juga memperlihatkan fitur khusus yang sanggup mengonversi banyak sekali jenis gambar menjadi file PNG.

Sebagai alternatif lainnya, kalau pengguna ingin mengembalikan ukuran gambar ke ukuran semula, pengguna sanggup memakai aplikasi kompres file, ibarat 7Zip yang secara resmi tersedia secara gratis bagi pengguna komputer.

Cara Kompres Foto di Laptop Menggunakan Layanan Web

Selain memakai aplikasi, pengguna juga sanggup memakai layanan kompres gambar berbasis web, ibarat TinyPNG.com, TinyJPG.com, atau CompressJPEG.com. Dalam hal ini, pengguna hanya mengunjungi halaman situs tersebut.

 jumlah file yang kita simpan di dalam laptop akan terus bertambah dan menciptakan penyimpanan 3 Cara Praktis Kompres Foto di Laptop Windows

Setelah mengunjungi salah satu halaman tersebut, pengguna sanggup mengunggah file gambar yang akan dikompres, menunggu proses kompresinya, kemudian menekan tombol Download kalau proses sudah selesai.