Mediatek Umumkan Helio P65 Octa-Core, Chipset Bertenaga Untuk Smartphone Kelas Menengah

 Sebagai tentangan dari Qualcomm untuk produsen chipset di smartphone kelas menengah MediaTek Umumkan Helio P65 Octa-Core, Chipset Bertenaga untuk Smartphone Kelas Menengah

Gadgetren – Sebagai tentangan dari Qualcomm untuk produsen chipset di smartphone kelas menengah, MediaTek selalu melaksanakan penemuan terhadap chipset buatannya.

Menariknya, MediaTek gres saja mengumumkan chipset terbarunya yang berjulukan Helio P65. Chipset ini dibentuk dengan memakai teknologi proses 12nm dan arsitektur Octa-Core sehingga bisa menghasilkan performa bertenaga dan irit dalam mengonsumsi daya baterai.

Helio P65 Octa-Core ini mempunyai konfigruasi yang terdiri dari Dual-Core CPU ARM Cortex-A75 sampai 2 GHz dan Hexa-Core CPU Cortex-A55 sampai 1,7 GHz ke dalam sebuah cluster cache L3 besar sehingga bisa menghasilkan kinerja yang bertenaga.

Chipset ini juga didukung teknologi komputasi heterogen MediaTek, CorePilot, yang mempunyai fitur-fitur terpelajar menyerupai pengelolaan suhu cerdas, analisis watak pengguna, penjadwalan cerdas, konsistensi kerja yang baik, dan menawarkan pengalaman game bagi pengguna ke level yang lebih tinggi.

Sementara itu, Helio P65 ini juga didampingi GPU ARM Mali-G52 yang bisa menyediakan pengalaman bermain game yang lebih baik bagi pengguna smartphone yang bahagia bermain game mobile. Pihak MediaTek mengklaim bahwa GPU ini mempunyai performa yang 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan chipset Octa-Core generasi sebelumnya.

MediaTek juga mengungkapkan bahwa Helio P65 ini mempunyai fitur utama yang terdiri dari perintah bunyi yang sudah terintegrasi, ukuran chipset kecil yang dirancang dan dioptimalkan untuk memperpanjang umur baterai.

Untuk memanjakan pengguna smartphone dengan chipset ini dalam menonton video, mendengarkan musik, maupun bermain game, MediaTek pun sidah meningkatkan kualitas bunyi yang bisa dihasilkan Helio P65.

Soal urusan fotografi, chipset Helio P65 ini mempunyai santunan dua kamera dengan kombinasi resolusi maksimal mencapai 16 MP + 16 MP. Chipset ini pun menawarkan santunan kualitas foto yang anggun ketika mengambil memakai lensa ultra-wide maupun telephoto.

Mengikuti tren dikala ini, MediaTek Helio P65 juga mendukung smartphone dengan kamera yang bisa menghasilkan foto 48 MP (4-cell) sehingga kualitasnya lebih baik. Chipset ini juga mempunyai ISP yang kondusif untuk fitur Face Unlock dengan tingkat keamanan yang ditingkatkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Helio P65 juga mendapat peningkatan pada Inertial Navigation System sehingga menciptakan pengguna smartphone mendapat isu posisi yang lebih akurat, meskipun sedang berada di dalam ruangan, bawah tanah, maupun dalam terowongan.

Dari segi jaringan, chipset terbaru MediaTek ini telah mendukung dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, dan Bluetooth sehingga bisa menberikan konektivitas yang baik pada pengguna smartphone. Sayangnya belum diketahui smartphone apa yang akan menggunakannya, namun pihak MediaTek menyampaikan bahwa Helio P65 sedang dalam tahap produksi masasal dan akan tersedia pada bulan Jui 2019.